DAFTAR ISI BLOG

Thursday, December 29, 2011

Tips dan Trik Merawat Printer


Dah lama sekali saya gak posting neh… maklum lagi cibuk (cibuk buat anak) He…. He… sedikit kali ini saya buat posting yaitu tentang Tips Cara Merawat Printer.  Yang saya sajikan pada Tips Cara Merawat Printer ini mungkin hanya sedikit saya karena mungkin para pembaca juga lebih jago lagi dalam perawatan printer yang kalian punya. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa saya berikan :

  1. Tempatkan printer pada tempat yang teduh jangan terlalu panas, jangan terlalu lembab atau jangan ditempatkan ditempat yang basah (misalnya di kamar mandi… he.. he.. emange printere mo mandi).
  2. Gunakan penutup printer supaya terlindungi dari debu.
  3. Gunakanlah printer secara teratur. Jangan membiarkan printer tidak dipergunakan sama sekali dalam waktu yang cukup lama.
  4. Gunakan printer untuk mencetak setiap hari sekali paling tidak 2 – 3 lembar. Baik penggunakan untuk tinta hitam maupun warna. Paling tidak keduanya selalu dipergunakan agar tinta tidak cepat kering.
  5. Segeralah isi Cartridge apabila tinta mulai kosong/habis dengan menggunakan tinta dengan merek yang sama. Kalaupun menggunakan tinta yang berbeda Catride harus dalam keadaan kosong.
  6. Dalam melakukan isi ulang/refile jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Pin tersebut sangat sensitif (bisa rusak) akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.
  7. Gunakan kertas yang bersih paling tidak mempunyai kualitas yang bagus dengan tebal kertas minimum 60gram. Jangan menggunakan kertas yang sudah lusuh dan berdebu. Ini bisa menyebabkan slip pada rol printer. Selain itu kertas yang berdebu dapat menyebabkan debu nempel ke  Head.
  8. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau Mati total (kabel listrik tercabut).
  9. Kalau printer Anda sering digunakan (biasanya untuk kantor) jangan sering-sering mematikan printer pada setiap habis ngeprint… biarkan printer tetap menyala. Hal ini untuk meminimalisir Over Hit Counter pada Limit Counter BIOS. Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak (rata-rata 2000 kali). Setiap kita menyalakan printer maka Counter akan bertambah (dianggap 1 kali mencetak). Bayangkan kalau selama jam kerja (misal 8 jam) kita mematikan dan menyalakan printer sampai 10 kali atau 20 kali….?!! maka hal tersebut akan mempercepat kita melakukan RESET Counter pada BIOS printer kita.
  10. Jangan terlalu sering mencetak gambar / tulisan dengan kualitas tinggi (Hight Resolution) akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head.
  11. Khusus printer yang pakai Infus,… Letakkan Tangki Tinta Infus sejajar (agak rendah sedikit) dengan Catridge. Hal ini untuk menjaga agar tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.
  12. Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Kalau hal tersebut dibiarkan bisa berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer. Pada beberapa kasus dipakai trik yaitu dengan mengeluarkan slang yang masuk  penghisap dan ditampung pada wadah tersendiri. 

Segitu aja tips dan trik merawat printer yang bias saya sajikan buat pembaca. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih. Wasalam….
Share on :
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

No comments:

Post a Comment